Sad Girls

Sad Girls by Lang Leav
Sad Girls by Lang Leav

Judul Asli: Sad Girls

Penulis: Lang Leav

Tahun pertama terbit: 2017

Bahasa asli: Inggris

Penerbit: Andrews McMeel Publishing

Gaya Tulisan: Drama

Skala Penilaian: 5/10

Sad Girls by Lang Leav
Sad Girls by Lang Leav

Kutipan Favorit:

“It’s amazing what people create using their pain. Work that is touched by melancholy has its own unique beauty. Even the word ‘melancholy’ is pretty, the way it rolls on your tongue. I think sadness adds something to literature that is unique. It’s an ingredient like . . .” I thought for a moment. “Like salt. Salt has that power to completely transform a dish. I think sadness has that same transformative effect in literature.”

 

Tentang Buku:

[Dari Goodreads.com]

Masa sekolah akan berakhir untuk Audrey, tapi serangan kepanikan yang berulang terjadi hanya merupakan permulaan. Hal ini terjadi karena Audrey telah berbohong dan sekarang teman sekelasnya, Ana, telah tiada. Ketika dunia Audrey mulai terasa berputar tanpa kendali, ia bertemu dengan Rad, seseorang yang penuh teka-teki-lelaki yang bisa memutarbalikkan kehidupannya. Apakah cinta yang tidak tepat waktu ini akan membawa Audrey mendekat kepada akhir?

Sad Girls by Lang Leav
Sad Girls by Lang Leav

Kata Saya:

Buku ini bercerita tentang masa pendewasaan seorang gadis yang mengalami cinta, masalah psikis, dan masalah-masalah lain yang nyata di hidupnya. Saya yakin beberapa pembaca bisa dengan mudah memahami dan mengerti beberapa masalah yang dihadapi oleh protagonist cerita ini seperti berbohong, hubungan yang buruk dengan ibu kandung, mimpiyang ingin dikejar, dan jatuh cinta kepada orang yang ‘salah’. Dan mungkin lebih sedikit yang bisa memahami masalah-masalah lain yang diceritakan di buku ini seperti memiliki permasalahan psikis, sahabat yang ketergantungan obat terlarang, serta mantan kekasih yang menunjukkan tanda-tanda perlakuan kejam.

Apa saya menyukai buku ini? Sebetulnya saya tidak mendapati diri saya menikmati buku ini ketika saya membacanya. 100 halaman pertama begitu berat dan menyiksa untuk saya lanjut membaca. Dan kalau saya boleh jujur, saya tidak menyukai tokoh utama cerita ini, Audrey. Saya selalu menyukai karya-karya Lang Leav. Puisi-puisi yang dibuatnya begitu manis namun menghantui. “Sad Girls” adalah karya novel pertamanya. Dan saya rasa dia tidak memulai debut novelnya dengan baik. Tapi saya gak mau banyak bicara soal yang jelek-jeleknya, deh. Kalau sudah baca pasti kurang lebih kalian juga sadar bahwa karya tulisan ini masih kurang maksimal. Tapi walau bagaimana pun, novel ini adalah sebuah karya seni, yang berarti bahwa akan selalu ada penggemar dan akan ada juga yang tidak menyukainya.

Saya menyukai akhir dari cerita ini. ADA BOCORAN. Akhir ceritanya bukan happy ever after gitu walau tetap kedua tokoh utamanya bersama. Keduanya juga berhasil menggapai mimpinya dengan melakukan pekerjaan impian. Yang saya suka adalah bahwa cerita ini menawarkan kenyataan bahwa walau kelihatannya kehidupan ini sempurna, tidak ada yang namanya kebahagiaan mutlak. Hidup merupakan deretan keputusan di mana kita harus memilih untuk mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan yang lain. Maka dari itu, Audrey memilih untuk mengorbankan integritasnya dan perasaannya supaya dia bisa hidup dengan pria yang dia cintai dengan jaminan masa depan yang lebih baik serta agar dia bisa tetap melakukan pekerjaan impiannya. Apa dia bahagia dengan pilihannya? Ya, baca saja, ya bukunya sendiri untuk tahu. Hehehe..

Melalui buku ini, Lang Leav ingin menceritakan banyak hal. Tentang kompleksitas manusia dan betapa banyaknya lapisan dari kehidupan manusia itu sendiri. Hanya saja sayangnya tidak tersalurkan 100%. Menurut saya jika saja Lang Leav memberi karya ini lebih banyak waktu (atau mendapatkan editor yang lebih baik), saya yakin novel ini seharunya bisa menjadi best seller.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s